Home » Hasil Survey

Hasil Survey

Download Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan 2017 : Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan – 2017

Download Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan 2018 : Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan – 2018

Download Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan 2019 : Suvery Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan 2019

Download Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan T.A 2020-2021 : Suvery Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan Akademik dan kemahasiswaan T.A 2020-2021

Adapun Hasil dari Survey adalah sebagai berikut :

Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha pada kegiatan yang
sifatnya pemberi jasa, seperti perguruan tinggi. Sudah selayaknya Perguruan Tinggi sebagai
sebuah entitas penyedia jasa pendidikan, menjadikan kualitas pelayanan kepada pengguna
jasanya sebagai salah satu fokus utama yang harus dijaga dan ditingkatkan. Penilaian
pelayanan yang diberikan oleh sebuah perguruan tinggi dilakukan oleh pengguna jasa
khususnya mahasiswa.
Upaya dalam mengantisipasi persaingan memperebutkan input calon mahasiswa terbaik
dapat dilakukan dengan secara kontinu meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa.
Kualitas layanan bagi institusi pendidikan merupakan aspek fundamental untuk keunggulan
pendidikan (Dyson, et al., 1996). Ketika mahasiswa merasakan institusi pendidikan
menyediakan lingkungan belajar yang memfasilitasi, infrastruktur yang memadai dan mereka
mampu mengembangkan bakat di dalam organisasi, maka mahasiswa akan termotivasi
untuk lebih baik belajar di bidang akademik (Alridge dan Rowley, 2001). Kualitas layanan
pendidikan juga harus memperhatikan sistem keamanan, interior dan eksterior ruangan,
ketersediaan fasilitas multimedia, perpustakaan, dan fasilitas lainnya yang dikelola dan
diperbaharui dengan baik (Dick dan Basu, 1994). FEB UNIB berupaya untuk terus
menyediakan pelayanan jasa pendidikan yang baikguna menciptakan mahasiswa yang
memiliki kapabilitas yang berdaya saing dan integritas yang baik.Oleh karena itu, FEB UNIB
harus berbenah secara berkesinambungan dalam hal meningkatkan kualitas layanan
terutama di bidang akademik, bidang sumberdaya (sumber daya manusia, sarana dan
prasarana, dan sumber daya keuangan), dan bidang kemahasiswaan.
Evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh FEB
UNIB dilakukan secara rutin sekali setahun. Konsep kualitas layanan yang digunakan
mengacu pada multi dimensional konsep yang diusulkan oleh Annamdevula dan
Bellamkonda (2016) dengan melakukan beberapa penyesuaian dan modifikasi. Perbaikan
kualitas layanan secara berkala yang ditinjau dari perspektif pengguna layanan merupakan
dasar bagi kesuksesan pengembangan bisnis dalam lingkungan yang kompetitif, dinamis,
dan kompleks (Bolton et al., 2004; Kotler, 2000). Upaya FEB UNIB untuk mengukur
kualitas layanan akademik dan layanan kemahasiswaan yang berdasarkan kepuasan
mahasiswa secara berkala, dapat membantu berbagai pihak untuk mengembangkan
program yang sesuai guna mempromosikan, membangun, mengembangkan, dan
mempertahankan kesuksesan hubungan jangka panjang dengan mahasiswa yang ada
saat ini maupun alumni.